Jumat, 14 April 2017

Tugas 2 : Peng. Animasi & Desain Grafis#


Software yang Digunakan Untuk Membuat Animasi


 
Untuk membuat animasi biasanya membutuhkan software. Disini saya akan membahas 3 software untuk membuat animasi 2D dan animasi 3D
  1. Macromedia Flash


a.       Pengertian Macromedia Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV.
b.      Fungsi dan manfaat Macromedia Flash
1)      Animasi
Salah satu manfaat dari aplikasi software macromedia flash adalah sangat cocok digunakan sebagai alat pembuat animasi. Beberapa contoh animasi yang telah dapat dibuat dengan software jenis ini adalah kartu ucapan yang bergerak atau online, iklan gerak, kartun, dan lain-lain.
2)      Game
Bisa digunakan sebagai alat pembuat animasi ternyata juga dapat digunakan sebagai alat pembentuk game dua dimensi. Dengan kecanggihan ini, game-game modern pun dapat dengan mudah diciptakan.
3)      User Interface
Aplikasi software macromedia flash dapat digunakan juga untuk membangun flash aplikasi. Flash aplikasi biasanya berbasis web yang nantinya dilengkapi dengan navigasi-navigasi sederhana.
4)      Flexible Messaging Area
Dapat dirancang untuk flexible messaging area. Flexible messaging area merupakan kemampuan untuk membuat dan menampilkan pesan di dalam web page.

c.        Spesifikasi Installasi
1)      Spesifikasi untuk install Macromedia Flash Player 8 Professional:
·         Windows 2000/2003 / XP / Vista / Seven (32 or sisty four bit)
·         1 Ghz of Processor
·         1 GB RAM
·         700 MB of free HDD house
·         Resolusi 1024 x 768

2)      Spesifikasi untuk install Adobe Flash Professional CS5
·         Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon® 64 processor
·         Microsoft® Windows® XP with Service Pack 2 (Service Pack 3 recommended); Windows Vista® Home Premium, Business, Ultimate, or Enterprise with Service Pack 1; or Windows 7
·         1GB of RAM
·         3.5GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on removable flash-based storage devices)
·         1024x768 display (1280x800 recommended) with 16-bit video card
·         DVD-ROM drive
·         QuickTime 7.6.2 software required for multimedia features.


2. 3D Studio Max  

a.       Pengertian 3D Studio Max
3D studio Max merupakan salah satu software yang sangat populer di dunia animasi, karena mudah dipelajari dan praktis digunakan, dan juga tidak hanya untuk membuat animasi, 3ds Max juga dapat digunakan bagi desainer atau arsitek atau para pengembang game atau bagi siapa saja yang ingin mevisualisasikan karya-karya mereka, dan juga 3ds Max dapat berintegrasi dengan software-software lain seperti Photosop, Flash, AutoCad, bahkan dengan software yang secara teknis memiliki fungsi yang sama digunakan dengan plug-in yang digunakan untuk software lain.
b.      Fungsi dan Manfaat 3D Studio Max
1)      Architecture Design
3D studio max dapat memberikan texture maupun lighting menyerupai seperti kondisi aslinya kelak bangunan tersebut terbangun, sehingga akan mudah bagi client untuk mengerti dan memahami design yang dibuat.
2)      Interior Design
Setiap ruang yang dirancang akan dapat divisualkan mendekati ruang yang sebenarnya. Layaknya bermain game the Sims, kita dapat menata furniture, elemen dekoratif interior lainnya seperti lukisan, foto, patung dan lainnya dengan sangat leluasa dan mudah.  
3)      Landscape Design
Dalam mewujudkan design landscape pun, 3D akan mampu menvisualkan secara jelas dan detail sekalipun. Penataan kontur tanah, vegetasi, perkerasan, gazebo, kolam maupun elemen landscape yang lainnya, akan membuat pekerjaan design menjadi mudah dan menyenangkan.
4)      Cartoon Design
Jika dulu kartun (cartoon) dibuat dengan sketsa tangan lalu meningkat ke aplikasi software 2D, sekarang kartun menapaki era baru dengan teknologi 3D. Trend ini semakin meningkat, dikarenakan dengan 3D, cartoon akan semakin tampak hidup dan nyata, beratraksi menghibur penonton yang melihatnya.
5)      Logo Design
Tidak hanya cartoon, design dan animasi logo pun saat ini sudah memasuki era 3D. Artinya, logo-logo saat ini sudah banyak yang ditampilkan dengan bentuk dan tampilan real 3D. Sehingga logo terlihat lebih hidup, menarik dan tampil lebih memikat.
6)      Stage Design
Design panggung (stage), biasanya banyak diperuntukkan untuk event-event besar seperti : pernikahan (wedding), pameran, expo, seminar, workshop, symposium, workshop, pelatihan, peresmian (launching), dan lain sebagainya. Event-event tersebut sangat membutuhkan keberadaan panggung sebagai sarana utama maupun pendukungnya. Sehingga tentu membutuhkan sebuah design panggung yang bagus dan menarik yang akan menunjang bagi suksesnya sebuah event/acara yang digelar. Terlebih bila event/acara tersebut menghadirkan tokoh-tokoh penting semisal : pejabat negara, pejabat daerah, tamu asing (expat), selebriti, tokoh masyarakat ,dan sebagainya. Dengan demikian, visualisasi 3D menjadi sangat penting dan dibutuhkan dalam menampilkan output design stage yang optimal.
7)      Product Design
Product design, mencakup berbagai barang seperti : product industri, pecah belah, mainan, computer/it, alat komunikasi dan sebagainya, telah menjadikan 3D sebagai standar dalam menvisualkan design terbaru dari setiap produk yang akan dirilis dipasaran.
8)      Stand Design
Design stand biasanya berkorelasi dan berhubungan dekat dengan sebuah event, walaupun tidak semua event menampilkan stand. Untuk event-event besar yang juga menampilkan stand, umumnya akan membutuhkan 3D dalam menvisualkan bentuk dan design stand yang menarik dan tampil bagus nantinya
9)      Game Design
Saat ini hampir semua game sudah ditampilkan dalam bentuk 3D. Ini dimaksudkan agar game dapat tampil lebih atraktif, hidup dan memikat hati para gamer. Dengan 3D, para gamer akan mendapatkan sensasi bermain game yang luar biasa, yang berdampak pada semakin meningkatnya minat, animo maupun antusiasme dalam memainkan game.
10)  Furniture Design
Dibidang furniture design sudah banyak yang menggunakan teknologi 3D dalam merancang dan menampilkan bentuk dari suatu design furniture terbaru. Pembuatan design yang detail dan rumit sekalipun dapat diselesaikan dengan pendekatan aplikasi 3D. Begitu juga dengan penerapan material yang dapat mendekati material aslinya sehingga design akan tampil lebih real dan hidup.

c.       Spesifikasi Installasi 3D Studio Max 2016
1)      Perangkat lunak         
Microsoft® Windows® 7 (SP1), Windows 8 and Windows 8.1 Professional operating system
2)      Browser          
Autodesk merekomendasikan versi terbaru dari browser web berikut untuk akses ke konten tambahan secara online:
·         Apple® Safari®
·         Google Chrome™
·         Microsoft® Internet Explorer®
·         Mozilla® Firefox®
3)      CPU   
64-bit Intel® atau AMD® multi-core processor
4)      Graphics Hardware    
Graphics Hardware lihat rekomendasikan Hardware wizard untuk daftar detail rekomendasi sistem dan  graphics cards
5)      RAM  
4 GB of RAM (8 GB Direkomendasikan)
6)      Disk Space
6 GB of Hardisk bebas untuk install
7)      7)   Pointing Device         
 Tiga-tombol mouse



3. Blender





a.       Pengertian Blender
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

b.      Fungsi dan Manfaat Blender
1)      Fungsi Rotasi
Pada umumnya software 3D itu sama, ada beberapa hal/tolls penting dalam 3D yang umumnya ada di semua software. mengenali software 3D. untuk mengenali software 3D tentu yang pertama kali adalah mengenali tampilan dan tools yang ada dalam software 3D.
a.       Axis & Transformation tools
Pemahaman ruang merupakan kunci utama dalam penguasaan bidang 3D. Salah satu element utama didalamnnya adalah Axis atau sumbu koordinat system (X,Y,Z). Sumbu inilah yang dijadikan sebagai kompas penunjuk arah bagi setiap komponen objek pada suatu ruang dan perubahan itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan transformasi (move,rotate,scale) sebagai element toolsnya.
b.      Axis System
Perwakilan suatu arah ruang dalam aplikasi 3D yang diwakilkan dengan Sumbu X, Y ,dan Z
c.       3D transformation
Control yang terdiri dari control gerak, cotrol rotasi, dan control     skala yang ada pada aplikasi 3D, Yaitu :
- Move
- Rotate
- Scale
d.      Coordinat System  
Jenis sistem kordinat dalam tampilan 3D viewport dalam aplikasi 3D yang terbagi atas beberapa jenis antara lain Global, local, normal, dan view
- Global
- local
- normal
- view
2)      Fungsi Extrude
Extrude adalah menggandakan objek agar bisa membentuk suatu bentuk yang di inginkan.
3)      Fungsi Pemotongan Objek
Fungsi dari pemotongan objek ini adalah untuk kita dapat membentuk suatu objek yang kita inginkan,agar lebih rapih dan mudah.

c.       Spesifikasi Installasi Blender
·         Intel pentium III atau lebih/ AMD
·         Ram 64Mb
·         VGA 4Mb
·         Disk Space 35Mb
·         Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, OpenBSD.


Kesimpulan

Dari penjelasan 3 software diatas, saya memilih software Blender karena software Blender memiliki fasilitas yang sama dengan 3D Studio Max namun blender tidak membutuhkan ruang kapasitas yang banyak, kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi serta bisa dikerjakan lebih cepat dan efisien. Software Blender juga bisa didownload secara gratis. Jika ingin belajar otodidak mengenai software Blender bisa kalian cari diinternet dengan mudah karena banyak  sekali orang-orang yang menggunakan software Blender.

Sumber:












Tidak ada komentar:

Posting Komentar