Sabtu, 12 Desember 2015

Peran Komunikasi Dalam Organisasi



Sehubungan dengan tugas mata kuliah Teori Organisasi Umum 2 mengenai “Peran Komunikasi Dalam Organisasi” disini saya akan memberikan pendapat saya mengenai peran komunikasi dalam organisasi.
Sebelum masuk kedalam peran komunikasi dalam organisasi, apa itu komunikasi? Menurut Ruben Brent D dan Lea P Stewart, komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Kemudian apa itu organisasi? Menurut Keith Davis, organisasi adalah tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Jadi komunikasi itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, misalnya berkomunikasi dengan keluarga, teman-teman, organisasi dll. Karena jika tidak ada komunikasi maka tidak ada hubungan silaturahmi, tidak akan saling mengenal, keakraban, dan tidak akan saling mengerti satu sama lain.
Begitu pula komunikasi dalam organisasi. Kemampuan berkomunikasi dalam berorganisasi merupakan syarat utama dalam organisasi. Mengapa komunikasi penting dalam organisasi? Karena jika kita tidak berkomunikasi maka akan banyak kesalah pahaman entah  antar individu atau antar kelompok. Kemudian tujuan utama berorganisasi tidak akan tercapai jika kita tidak berkomunikasi. Setelah itu jika organisasi kita sedang ada kegiatan kemudian tidak ada komunikasi maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu komunikasi penting sekali dalam organisasi agar semua kegiatan, tujuan organisasi akan berjalan dengan lancar, dan kita bisa saling mengenal teman-teman kita dalam organisasi agar kita semakin solid dengan teman-teman kita dalam organisasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar